Studio Jurnal FTK adakan Workshop SLR dengan PICO Portal dan AI

Studio Jurnal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau sukses menggelar workshop bertajuk Systematic Literature Review menggunakan PICO Portal dan teknologi AI. Acara berlangsung di Ruang Rapat Perpustakaan UIN SUSKA Riau pada Jumat, 11 Oktober 2024. Kwgiagtan ini dihadiri oleh para dosen yang tertarik memperdalam teknik peninjauan literatur ilmiah yang lebih terstruktur, efektif, dan akurasi yang tajam.

Workshop yang diadakan dengan metode hybrid, tatap muka dan online ini dibuka oleh ketua pelaksana, Sopyan, M.Ag. Dalam sambutannya beliau berharap kegiatan ini dapat memingnkatkan efektivitas dan akurasi penelitian SLR yang dilakukan oleh dosen. Selain itu, beliau juga menyampaikan beberapa kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh Studio Jurnal FTK UIN Suska Riau.

Workshop yang diselenggarakan  ini menghadirkan narasumber utama, Dr. Faizuddin Harliansyah, M.IM., seorang pustakawan akademik sekaligus kepala perpustakaan dari Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Dr. Faizuddin, yang memiliki pengalaman luas dalam pengelolaan sumber informasi akademik, membahas teknik Systematic Literature Review yang memanfaatkan PICO Portal, sebuah platform yang dirancang untuk membantu peneliti melakukan telaah literatur secara sistematis.

Alasan pemiulihan PICO Portal menurut Dr. Faizuddin, disebakan karena PICO Portal versi gratis sudah memadai untuk membuat satu proyek, tidak membatasi jumlah literatur yang di-upload. tidak membatasi jumlah reviewer sehingga dapat dikerjakan oleh banyak peneliti. Ditambah lagi dengan UI (user interfece) mudah dipahami dan telah dilengkapi dengan fungsi AI.

Selain itu, Dr. Faizuddin juga memperkenalkan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk menyederhanakan proses pengumpulan dan analisis literatur, yang dapat meminimalisir kesalahan dan mempercepat proses penelitian. Beliau menekankan pentingnya integrasi teknologi dalam metodologi penelitian saat ini, terutama untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam mengidentifikasi sumber-sumber literatur yang relevan.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terutama dalam sesi praktik langsung dan sesi interaktif yang memberikan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan pemateri terkait cara optimal memanfaatkan teknologi ini dalam riset mereka.

Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dosen di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA Riau dalam melakukan penelitian berbasis literatur secara lebih komprehensif, serta mendorong pemanfaatan teknologi terkini dalam dunia akademik.

About Al Iqrom Septari

Check Also

Kuliah Umum: Pemanfaatan Media Berbasis IT dan Lingkungan Belajar untuk Menyiapkan Generasi Emas Indonesia

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau sukses menggelar Kuliah Umum dengan tema “Pemanfaatan Media …