Home / Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI No. 194 tahun 1970 tanggal 9 September 1970, berdirilah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Pekanbaru. Kemudian Pada tahun 2005 IAIN Susqa Pekanbaru berubah statusnya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Seiring dengan perubahan tersebut, maka Fakultas Tarbiyah juga mengalami pengembangan dan perubahan nama, yang disesuaikan dengan fungsi dan ruang lingkupnya, yaitu menjadi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK). Adapun jurusan/program studi (Prodi) di FTK UIN adalah sepuluh Prodi yaitu: Pendidikan Agama Islam (PAI) pada tahun 1965, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) pada tahun 1982, Manajemen Pendidikan Islam (MPI)  pada tahun 1996, Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) pada tahun 1998, Pendidikan Matematika (PMT) tahun 2001,  Pendidikan Ekonomi (PE) dan Pendidikan Kimia (PK) pada Tahun 2006, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada tahun 2014 serta Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) pada tahun 2014 dan yang terbaru adalah FTK UIN SUSKA RIAU telah memiliki Program studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

 

Visi

Menghasilkan Pendidik yang Profesional, Mampu Berinovasi dan Mengembangkan Pendidikan di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah dengan Berlandaskan Keislaman yang Berdaya Saing Global pada Tahun 2035.

 

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka dirumuskan misi secara rinci sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang efektif dalam suasana akademik yang kondusif, akuntabel, dan transparan untuk menghasilkan lulusan yang bermutu, profesional, dan ahli dalam bidang pendidikan khususnya di tingkat madrasah ibtidaiyah/sederajat, baik secara teori maupun praktik serta mampu berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan inovasi dalam pengembangan ilmu pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah/sederajat, khususnya berbasis keislaman, kearifan budaya lokal, serta berkolaborasi dengan institusi lainnya yang terkait baik di dalam negeri maupun di luar negeri melalui diseminasi seminar ilmiah nasional maupun internasional.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai instansi terkait, baik secara regional maupun nasional.
  4. Melaksanakan kerjasama dan kemitraan dengan lembaga secara berkesinambungan dan penerapan hasil penelitian pada masyarakat, lembaga, dan instansi lainnya baik di tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional.

 

Tujuan

Berdasarkan visi misi, maka Prodi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah memiliki tujuan:

  1. Menghasikan lulusan yang memiliki penguasaan keilmuan dan metodologi pendidikan yang integratif dalam kerangka transformasi sosial yang humanis-transendental serta mampu memberikan berbagai gagasan, ide, dan rekomendasi tentang kebijakan yang terkait dengan pengembangan dan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di tingkat MI.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan kegiatan penelitian dalam lingkup pendidikan di tingkat MI yang didasarkan pada perkembangan zaman dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi (IPTEKS).
  3. Menghasilkan karya monumental dalam bidang pendidikan di tingkat MI yang dapat diterapkan untuk memperbaiki penyelenggaraan pendidikan dan/atau proses pembelajaran di MI.
  4. Dapat meningkatkan kerjasama dan kemitraan sehingga tercipta hubungan sinergitas dengan stakeholders (para pihak) melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

 

Sasaran

  1. Kurikulum program yang mewadahi lulusan agar memperoleh kecakapan, profesionalitas, dan memiliki keunggulan kompetitif dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
  2. Hasil penelitian yang memiliki daya saing baik nasional maupun internasional dalam pembelajaran di tingkat madrasah ibtidaiyah.
  3. Hasil pengabdian kepada masyarakat yang berdaya guna secara nyata dalam pembelajaran tingkat madrasah ibtidaiyah.
  4. Program kerjasama dengan lembaga mitra yang mendukung penyelenggaraan pendidikan di bidang pendidikan dasar MI/SD.

 

Tim dosen Magister PGMI :

Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag.

Prof. Dr. Raihani, M.Pd.

Prof. Dr. Akhmad

Mujahidin, M,Ag

Dr. H. Kusnadi, M.Pd.

Dr. Sukma Erni, M.Pd.

Dr. Zubaidah, M.Pd.

Dr. Nursalim, M.Pd.

Dr. Risnawati, M.Pd.

Dr. Rian Vebrianto, M.Ed.

Dr. H. Mas’ud Zein, M.Pd.

Dr. Hj. Nurhasnawati, M.Pd.

Dr. Zaitun, M.Ag.

Abdul Hadi, MA., Ph.D.

Drs. H. Promadi, MA., Ph.D.

Dr. Granita, M.Si.

(Dosen yang berkompeten dibidangnya)

 

Persyaratan

TPA dan TOEFL 450

Surat Rekomendasi Dosen

(Kuoata Terbatas)

 

Gelar Akademik Lulusan Magister PGMI:

M.Pd (Master Pendidikan)

 

Pembayaran

Uang Kuliah persemester Rp 4.500.000

 

Sistem Pendaftaran Mahasiswa Baru

Semester Genap Tahun akdemik 2017/2018

Program Magister PGMI

No Kegiatan Batas Waktu
1 Sosialisasi 2 Juni s.d. 14 Juli 2017
2 Pendaftaran Online 2 Juni s.d. 17 Juli 2017
3 Cetak kartu pendaftaran 1 s.d. 17 Juli 2017
4 Penyerahan Persyaratan 10 s.d. 22 Juli 2017
5 Tes ujian tulis dan lisan 26 s.d. 28 Juli 2017
6 Verifikasi Data 1 s.d. 4 Agustus 2017
7 Pengumuman 8 Agustus 2017
8 Pengambilan sertifikat kelulusan 8 s.d. 18 Agustus 2017
9 Pembayaran Uang kuliah 8 s.d. 18 Agustus 2017
10 Regestrasi Online 8 s.d. 20 Agustus 2017
11 Cetak KTM 21 s.d. 25 Agustus 2017
12 Verifikasi dan Pengambilan KTM 21 s.d. 25 Agustus 2017
13 Kuliah Umum Tentatif *
14 Perkuliahan September 2017 s.d Februari 2018
15 Pengisian KRS 1 s.d. 8 September

 

Sarana dan Prasarana

Kelas ber Ac, berkarpet, dilengkapi multimedia, wifi gratis, jaket almamater, disiapkan asrama, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, laboratorium dasar PGMI, Laboratorium Micro Teaching, perpustakaan, kantin, Rumah ibadah dan lapangan olah raga.

 

Contact person Magister PGMI:

Dra. Hj. Sakilah, M.Pd. HP/WA: 0813 715 26393

Dr. Rian Vebrianto, M.Ed. HP/WA: 0812 77648387/083186110060

 

Alamat Magister PGMI:

Jl. HR Soebrantas no. 155 Simpang Baru panam, Pekanbaru, PO BOX 1004