Home / Berita Utama / Ketika Rizka ke Amerika

Ketika Rizka ke Amerika

untitled1

uin-suska.ac.id – Mimpi ke Amerika Serika (USA) boleh menjadi milik siapa saja. Tak terkecuali Rizka Nurul Atika mahasiswa smester VI Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau. Tahun 2016 ini, Rizka begitu ia biasa dipanggil, menjadi satu-satunya mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang lolos program Global Undergraduate ExChange program kerjasama Amerika Indonesia Exchange Federation (AMINEF) di bawah Kementerian Agama RI.

Dari lima peserta yang lolos, empat lainnya berasal dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di bawah Kemenristek Dikti. Yakni UNAND Padang, Universitas Jambi, Universitas Mulawarman Pontianak dan Universitas Samratulangi Manado.

Saat tulisan ini diturunkan, Rizka sudah berada di Amerika Serikat terhutung sejak 14 Agustus 2016 lalu. Di Amerika Rizka mengikuti program kuliah reguler di kelas Internasional Humboldt State University, Arcata, California, USA.  Program tersebut akan berlangsung selama 4 bulan, mulai 12 Agustus sampai dengan 17 Desember 2016 nanti.

Diceritakan Rizka, keikutsertaannya bermula saat ia mengikuti seleksi online terbuka secara nasional di website AMINEF. Distu Rizka bersaing dengan ribuan peserta lainnya untuk memperebutkan 18 kursi. Tak sampai disitu, putri kedua pasangan Drs. H. A. Munir, MA dan Dra. Hj. Nurhasnawati, M.Pd ini harus mengikuti tes wawancara dalam bahasa Inggris. Ada dua orang dosen dari universitas ternama di Indonesia dan dua orang asing dari USA yang mewawancarainya di kantor AMINEF untuk merebutkan 7 kursi. Terakhir Rizka bersaing dalam tes TOEFL (Test Of English as Foreign Language) IBT (Internet Based Test) yang dilaksanakan di salah satu lembaga TOEFL resmi di Jakarta.

Akhirnya, terpilihlah lima orang perwakilan Indonesia yang akhirnya saat ini telah bergabung di Amerika dengan 252 orang delegasi dari berbagai belahan dunia. “alhamdulillah saya meraih nilai TOEFL IBT tertinggi dari kelima peserta yakni 113 dari nilai 120 nilai maksimal. Ungkap Rizka.

Sebelumnya Rizka juga menjadi duta UIN Suska Riau ke Australia dalam program Student Mobility yang ditaja Kemenag RI besersama dengan 27 pseserta lainnya. Secara khusus Rizka dan keluraga juga mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan antara lain Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Munzir Hitami, Wakil Rektor I Dr. Hj. Helmiati, MA, Dekan FTK Dr. H. Mas’ud Zein, MA, Direktur LPPM, Drs. H. Promadi, MA.,Ph.D dan Kajur PBI, Drs. H. M. Syafi’i, M.Pd beserta seluruh dosennya.(Release)***

Keterangan foto: Rizka paling kiri

Editor : Suardi

(Tim liputan Suska News: Azmi, Donny, PTIPD)

 

redaksi@uin-suska.ac.id

About Dodi Settiawan

Check Also

registration-adds

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister PGMI

The Faculty extends a warm welcome to all new students. Download info lengkap pendaftaran! Contacts: …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *