PPL Dalam Negeri 2024: FTK UIN SUSKA Lepas 1243 Mahasiswa

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau melaksanakan kegiatan Pelepasan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa di halaman depan Gedung dekanat tarbiyah pada hari Rabu, 18 September 2024. PPL merupakan program wajib yang harus diikuti semua mahasiswa S-1 FTK UIN Suska. Peserta umumnya merupakan mahasiswa semester 7, tetapi tidak menutup kemungkinan juga bagi siswa semester lanjut yang belum melaksanakan PPL.

Pada tahu ini, dari 14 Jurusan S-1 yang ada, terdapat 1243 mahasiswa yang berhak menjalankan PPL. Mahasiswa ini merupakan mahasiswa yang telah lulus dari tahapan pembekalan dan persyaratan umum lainnya. 1243 mahasiswa ini ditempatkan pada 131 Sekolah, meliputi TK dan RA bagi mahasiswa PIAUD, SD dan MI bagi mahasiswa PGMI, serta dari 12 jurusan lainnya tersebar pula di SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA. Mahasiswa peserta PPL akan dimpingi oleh 115 Orang Dosen pembimbing Lapangan (DPL).

Pelepasan ini merupakan pelepasan bagi mahasiswa PPL dalam negeri yang disebar pada dua lokasi, Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Sebelumnya, FTK UIN Suska juga telah melepas 25 orang mahasiswa PPL dan KKN Luar Negeri di Malaysia dan Thailand.

Kegiatan pelepasan PPL ini dibuka langsung oleh Dekan, Bapak Dr. H. Kadar, M.Ag serta diikuti oleh pimpinan fakultas, pimpinan prodi, DPL, serta mahasiswa PPL. Dalam Sambutannnya, Dekan menyampaikan bahwa, ‘’Praktik Pengalaman Lapangan ini merupakan puncak dari pembelajaran bagi Mahasiswa. Dalam Melaksanakan PPL ini, mohon untuk menjaga nama baik UIN Suska Riau khususnya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan,  jadilah guru yang hebat dan profesional dengan disiplin yang tinggi’’.

Pengantaran Mahasiswa PPL oleh DPL ke sekolah masing-masing akan dimulai pada Kamis, 19 September atau sesuai kesepakatan DPL dan sekolah. DPL akan membawa dokumen MoU antara sekolah dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau.

About Al Iqrom Septari

Check Also

Kuliah Umum: Pemanfaatan Media Berbasis IT dan Lingkungan Belajar untuk Menyiapkan Generasi Emas Indonesia

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau sukses menggelar Kuliah Umum dengan tema “Pemanfaatan Media …