Kuliah Umum: Pemanfaatan Media Berbasis IT dan Lingkungan Belajar untuk Menyiapkan Generasi Emas Indonesia

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau sukses menggelar Kuliah Umum dengan tema “Pemanfaatan Media Berbasis IT dan Lingkungan Belajar untuk Menyiapkan Generasi Emas Indonesia”. Kegiatan dilaksanakan di Gedung  Pusat Kegiatan Mahasiswa pada Selasa, 3 September 2024 dan dihadiri oleh pimpinan, civitas akademik, serta mahasiswa baru Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Kegiatan Kuliah Umum ini merupakan bagian dari rangkaian acara untuk memulai tahun akademik baru dan memberikan wawasan awal kepada mahasiswa mengenai pentingnya teknologi dalam pendidikan. Acara diawali dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh ketua pelaksana, Dr. H. Jon Pamil, S.Ag., MA, beliau menyampaikan pada tahun ini terdapat 1730 mahasiswa baru dari 14 prodi yang ada di FTK. Beliau berharap para mahasiswa ini mampu menjadi agen untuk mancapai Indonesia emas, bukan Indonesia cemas.

Kuliah umum kemudian dibuka secara resmi oleh dekan FTK, Dr. Kadar, M.Ag. Dalam sambutannya, Dr. Kadar menyampaikan bahwa pemanfaataan teknologi dalam pembelajaran merupakan keharusan, karena ini merupakan ciri khas yang ada pada Perguruan Tinggi Islam, khususnya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. “Hendaknya kita melakukan model pembelajaran integrasi antara sains dan islam, tidak ada satupun teori sains yang tidak berkaitan dengan ibadah”, ujarnya. Selain itu beliau juga meminta pada seluruah mahasiswa untuk melihat semua pembelajaran dengan perspektif iman.

Narasumber utama pada kuliah umum kali ini ialah Bapak Nunu Mahnun yang  membawakan materi tentang bagaimana media berbasis IT dapat dioptimalkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan inovatif. Dalam presentasinya, Nunu menjelaskan berbagai strategi dan teknik yang dapat diterapkan untuk memanfaatkan teknologi dalam mendukung proses belajar mengajar. “Saat ini, teknologi bukan lagi pilihan, tetapi kebutuhan dalam pendidikan. Dengan memanfaatkan media IT secara efektif, kita dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi mahasiswa. Hal ini juga dapat membantu dalam pengembangan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja,” ungkap Nunu Mahnun.

Kegiatan Kuliah Umum ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan inspiratif bagi seluruh peserta, serta menjadi motivasi bagi mahasiswa baru untuk memanfaatkan teknologi dalam mencapai tujuan akademik mereka.

About Al Iqrom Septari

Check Also

Festival Semarak Tarbiyah ke-4 UIN Suska Riau Sukses Digelar

Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sultan Syarif Kasim Riau kembali menggelar …