PBAK 2024: “Merevolusi Generasi: Ciptakan Peradaban Insani Menuju Tarbiyah Berprestasi

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2024 pada 29 Agustus 2024. Kegiatan PBAK berlangsung di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Suska Riau, dihadiri oleh 1717 mahasiswa baru.

Tema yang diangkat pada PBAK tahun ini ialah “Merevolusi Generasi: Ciptakan Peradaban Insani Menuju Tarbiyah Berprestasi”. PBAK bertujuan untuk membekali mahasiswa baru dengan wawasan dan pengetahuan penting tentang dunia akademik, kemahasiswaan, serta budaya yang akan mereka jalani selama menempuh studi di FTK UIN Suska Riau.

Acara ini dihadiri langsung oleh para pimpinan fakultas, Wakil Dekan I Dr. Zarkasih, M.Ag., Wakil Dekan II Prof. Dr. Zubaidah Amir MZ., S.Pd., M.Pd., dan Wakil Dekan III Dr. Amirah Diniaty, M.Pd., Kons turut hadir untuk memberikan arahan dan motivasi kepada para peserta. Tidak ketinggalan, Kepala Bagian Tata Usaha dan Tenaga Kependidikan FTK juga hadir, serta perwakilan dari berbagai Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) di lingkungan FTK.

Acara diawali dengan laporan kegiatan oleh ketua pelaksana, Indah Wati, M.Pd.E. yang mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam PBAk. Baik panitia dari kalangan dosen maupun mahasiswa. Kemudian kegiatan dibuka secara resmi oleh Dekan FTK, Dr. Kadar,M.Ag., yang menyampaikan pada mahasiswa untuk  serius dalam menjalani perkuliahan, memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, serta menggunakan fasilitas yang disediakan oleh fakultas, seperti perpustakaan, dan layanan akademik lainnya

Sesi materi yang disampaikan oleh Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FTK UIN Suska Riau, Eko Wibowo, M.Pd.  Eko Wibowo menekankan pentingnya peningkatan ilmu pengetahuan, pengembangan wawasan, serta keterampilan sebagai bekal untuk menghadapi tantangan di masa depan. “Ingat selalu pesan orang tua kalian. Belajarlah dengan sungguh-sungguh, manfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk meningkatkan diri.

Setelah kegiatan PBAK Fakultas Tarbiyah selesai dilaksanakan menjelang zuhur, mahasiswa melakukan perkenalan dengan dosen tiap prodi pada PBAK prodi. Kegiatan ini meliputi 14 prodi yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Dengan mengikuti kegiatan PBAK ini, diharapkan  mahasiswa baru dapat segera beradaptasi dengan lingkungan kampus dan siap menjalani perkuliahan dengan semangat dan motivasi yang tinggi.

About Al Iqrom Septari

Check Also

BNN Provinsi Riau Soasialisasikan Bahaya Narkoba pada Mahasiswa Baru

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau mengadakan sosialisasi terkait Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap …