FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUSKA RIAU MENGIKUTI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KOLABORATIF INTERNATIONAL SEBAGAI IMPLEMENTASI KERJASAMA LIMA PERGURUAN TINGGI GUNA MEMBANTU KORBAN BENCANA DI KABUPATEN TANAH DATAR SUMATERA BARAT

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau, diwakili oleh WD 3 Dr. Amirah Diniaty, M.Pd, Kons dan dosen prodi Tadris IPA, Muhammad Ilham Syarif, M.Pd serta tiga mahasiswa ( Idlal Naufal Habibie S dari Prodi BKPI, Rindu Maulana dan Muhammad Khadafi mahasiswa dari S2 PGMI) terlibat secara aktif dalam Pengabdian Masyarakat kolaboratif international sebagai implementasi Kerjasama antar 5 perguruan tinggi untuk membantu korban bencana galodo di kabupaten Tanah Datar. Lima perguruan tinggi yang dimaksud adalah UIN Suska Riau yang diikuti oleh 4 fakultas (Tarbiyah, Fekonsos, Syariah dan psikologi), FTIK UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Universitas Riau, UIN Imam Bonjol, dengan Universiti Malaysia Serawak. Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 1 – 5 Juli 2024, bertemakan International Collaborative in Community service for Tanah Datar Disaster: Mental Illness Recovery is Our Priority.

Latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini adalah kondisi yang menyedihkan pasca bencana banjir lahar gunung Merapi yang terjadi pada tanggal 11 Mei 2024 lalu, yang mengakibatkan rusaknya rumah warga, sawah ladang Masyarakat tertimbun lumpur dan merusak tanaman, dan terdapat korban jiwa tercatat 32 orang meninggal, 10 orang belum ditemukan, dan 2758 warga mengungsi. Setelah 1 bulan masa tanggap darurat bencana dihentikan, maka selanjutnya masa recovery menuju perbaikan mental para korban sangat diperlukan.

Wakil Dekan III FTK  UIN Suska Riau Dr. Amirah Diniaty, M.Pd, Kons menyebutkan, kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan dan civitas akademika, sehingga tridarma perguruan tinggi dapat diwujudkan.  FTK UIN Suska Riau bersama dosen dan mahasiswa dari fakultas Syariah, Fekonsos dan Fakultas Psikologi terlibat di sana secara penuh melakukan pengabdian. Fokus bantuan dalam bentuk pemulihan mental atau psikologi bagi anak-anak bahkan orang tua yang terdampak berupa pendampingan psikologi melalui pendekatan konseling dan memberdayakan siswa yang bertalenta untuk melakukan bimbingan teman sebaya atau yang dikenal dengan istilah konselor sebaya. Selain itu karya-karya dosen dan mahasiswa FTK seperti modul pembelajaran dan modul konseling dipraktekkan langsung sehingga keterpakaiannya langsung dilapangan saat itu.

Kegiatan PKM Kolaborasi international ini dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof Dr Siswati Hendriani MPd. M.Pd.  Selain itu juga disupport oleh pemerintah daerah kabupaten Tanah Datar yaitu bupati dan dinas Pendidikan, wali nagari.  Senin malam tanggal 1 Juli 2024 setelah pembukaan kegiatan dan pelaksanaan ToT di aula UIN Mahmud Yunus, rombongan tim pengabdian dari kelima universitas dijamu makan malam di Gedung indojelito oleh istri bupati.

Kegiatan PKM berjalan dengan lancar mulai dari pelaksanaan ToT bagi tim yang akan turun ke lapangan, pelaksanaan kegiatan ke 6 sekolah yakni SDN 21 lima kaum, SDN 19 dan 12 Parambahan, SDN 11 Sungai Jambu, Mts Muhammadiyah  Lima Kaum dan MTsN VII Tanah Datar. Setiap hari tim PKM kolaborasi international melakukan evaluasi dan refleksi yang menghasilkan rekomendasi serta dilakukan ekspos hasil pengabdian dalam bentuk Seminar International Melayu Serumpun pada tanggal 4 Juli 2024 siang di Kampus II UIN Mahmud Yunus. Dalam kegiatan tersebut, siswa yang aktif selama kegiatan PKM diapresiasi mendapatkan penghargaan dan dilaksanakan pengukuhan konselor sebaya serta penandatangan Kerjasama antar perguruan tinggi.

 

 

 

 

About Zetri Rahmat

Check Also

FTK Jajaki Kerja Sama dengan Telkomsel

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau kedatangan tamu dari Telkomsel Regional Riau …