Kuliah Umum : “Pembelajaran bermakna” datangkan Narasumber dari Institut Pendidikan Guru Kampus Perempuan Melaka, Malaysia .

Pekanbaru, 23 Februari 2023- Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau melaksanakan  Kuliah Umum dengan melaksanakan Visiting Lecture yaitu menghadirkan Dosen dari perguruan tinggi Institut Pendidikan Guru Kampus Perempuan Melaka dengan mengangkat tema “ Implementasi Deep Learning Pedagogy dalam Pembelajaran ”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula FTK UIN Suska Raiu dan kegiatan dimulai mulai pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Wakil Dekan I FTK UIN Suska Riau Dr. Zarkasih, M. Ag, Ketua Program Studi Tadris IPA Hasanuddin, M. Si, beberapa Dosen FTK UIN Suska Riau, serta rombongan Dosen IPGK Melaka. Kegiatan ini juga diikuti kurang lebih sebanyak ratusan mahasiswa dari berbagai jurusan selingkungan FTK UIN Suska Riau.

Diawali dengan kata sambutan oleh Wakil Dekan I Dr. Zarkasih, M. Ag. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Kemudian kegiatan berikutnya  yaitu sesi pemaparan materi yang dibawakan oleh moderator Aldeva Ilhami, M. Pd dengan narasumber yaitu Dr. Hj. Kartini binti Abdul Mutalib sebagai Pengasuh Institut Pendidikan Guru Kampus Perempuan Melaka, dengann mengangkat topik materi Aplikasi Pembelajaran Bermakna.

Pemaparan Materi yang disampaikan oleh narasumber salah satunya menekankan kepada pembelajaran bermakna dengan menerapkan 6C yaitu  character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi). Selain itu narasumber juga turut menjelaskan beberapa platform yang dapat digunakan dalam pembelajaran abad 21, diantaranya; Padlet, Jamboard, dan Blendspace. Dengan menggunakan beberapa platform online tersebut diharapkan pelajar dapat melek teknologi yang mana telah berkembang pesat saat ini.

Kegiatan selanjutnya yaitu penyerahan berupa kenang-kenangan yang diserahkan kepada pemateri berupa Plakat, Sertifikat, dan Buku karya Dosen FTK UIN Suska Riau

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan Mahasiswa FTK UIN Suska Riau sangat antusias dalam mengikuti setiap pembahasan yang disampaikan oleh narasumber, terbukti dengan aktifnya mahasiswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait tema yang telah dipaparkan.

About Zetri Rahmat

Check Also

FTK Jajaki Kerja Sama dengan Telkomsel

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau kedatangan tamu dari Telkomsel Regional Riau …