Jalan Menuju Pembentukan IKA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau telah meluluskan kurang lebih 4000 orang alumni sejak resminya berdiri tahun 1970. Seluruh alumni tersebut berasal dari 15 program studi dengan latar belakang pendidikan dan bidang keilmuan yang beragam. Dalam kiprahnya, para alumni yang tersebar di seluruh wilayah baik dalam maupun luar negeri ini banyak yang berhasil membawa nama baik institusi yaitu Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau.

Oleh sebab itu, dalam rangka partisipasi aktif dan jalinan komunikasi sesama alumni maka organisasi Ikatan Keluarga Alumni menjadi wadah yang dapat menjadi jembatan antara institusi FTK dengan para alumni. Mengingat belum adanya pengurus IKA FTK UIN Suska Riau, maka diperlukan Musyawarah Besar FTK UIN Suska Riau untuk merumuskan pengurus dan kebijakan organisasi di periode 2022-2025.

Rencana pembentukan IKA FTK ini digagas oleh pimpinan FTK UIN Suska Riau yang melihat pentingnya jalinan komunikasi antar alumni dan instansi demi kemajuan pendidikan dan hubungan baik semua pihak. Akhirnya dari awal April 2022 dibentuklah kepanitiaan yang fokus untuk melaksanakan tujuan utama pembentukan IKA FTK UIN Suska Riau periode 2022-2025 ini yang diketuai oleh Dr. Aramudin, M.Pd. dan diawasi oleh jajaran pimpinan FTK UIN Suska Riau: Dr. H. Kadar, M.Ag., Dr. H. Zarkasih, M.Ag., Dr. Zubaidah Amir MZ, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Amirah Diniati, M.Pd.Kons.

Setelah berbagai persiapan rapat online dan offline di balik layar, acara pertama yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2022 terselenggara dengan tujuan pembentukan Ikatan Alumni FTK UIN Suska Riau sekaligus Halal Bihalal keluarga besar FTK UIN Suska Riau. Acara ini dilaksanakan di aula lantai 3 FTK UIN Suska Riau.

Gambar 1. Pembentukan IKA FTK UIN Suska Riau

 

Setelah IKA terbentuk, acara selanjutnya disusul dengan musyawarah besar untuk menentukan pengurus serta tim formatur IKA FTK UIN Suska Riau periode 2022-2025, yang puncaknya disusul dengan pelantikan yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2022 nanti.

Acara musyawarah besar perdana untuk menentukan pengurus dan tim formatur ini sudah dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 secara hybrid. Musyawarah besar yang berlangsung tertib di aula FTK UIN Suska Riau dipimpin oleh Asnaldi, Diara Rizky dan Indahwati. Mubes yang terbagi atas tiga sidang pleno mendapatkan tiga calon ketua umum IKA FTK UIN Suska Riau periode 2022-2025 yaitu:

1.   Dr. Budi Santoso Wibowo, M.Pd. dari Prodi PBA

2.   Eko Wibowo, S.Pd.I. dari Prodi PAI

3.   Heri Budi Yono, S.Pd.I. dari Prodi PAI

Gambar 2. Penghitungan suara calon ketua umum IKA FTK dipimpin oleh ketua sidang pleno

Akan tetapi karena calon ketua umum lebih dari dua orang, para calon diminta untuk melakukan musyawarah yang hasilnya menetapkan bahwa dua calon yang maju untuk menjadi calon ketua adalah Eko Wibowo dan Heri Budi Yono.

Melalui hasil pemilihan suara yang didapatkan dari sistem voting masing-masing perwakilan yang berjumlah 11 prodi, yaitu perwakilan yang hadir secara offline di lokasi, Bapak Eko Wibowo terpilih menjadi ketua umum IKA FTK UIN Suska Riau periode 2022-2025 dengan selisih satu suara, dimana Bapak Eko Wibowo mendapatkan 6 suara, sedangkan Bapak Heri Budi Yono mendapatkan 5 suara.

Oleh karena itu, hasil pemilihan mubes untuk pengurus IKA FTK UIN Suska Riau periode 2022-2025 adalah:

Ketua umum: Eko Wibowo, S.Pd.I. dari Prodi PAI

Wakil ketua        : Heri Budi Yono, S.Pd.I. dari Prodi PAI

Agenda selanjutnya adalah pemilihan Tim Formatur IKA FTK UIN Suska Riau periode 2022-2025 yang hasilnya adalah sebagai berikut:

1.   Nurul Zaman, M.Pd.I. dari Prodi PAI

2.   Boby Febrianto dari Prodi PBI

3.   M. Fadhil dari Prodi MPI

Acara kemudian ditutup dengan penyerahan berita acara dari ketua sidang kepada ketua panitia dan foto bersama.

 

Gambar 3. Penyerahan hasil rapat dan berita acara dari ketua sidang kepada ketua panitia Mubes IKA FTK UIN Suska Riau

Gambar 4. Foto bersama Ketua IKA FTK terpilih bersama tamu undangan, panitia dan peserta Mubes 2022

 

About Adminftk

Check Also

Selamat Tahun Baru Islam 1444 H

Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1 …