Imbangi konten negatif, FTK UIN Suska Riau rencanakan “Branding” prodi melalui tiktok

(Pekanbaru, 23/8) Dekan Fakultas Tarbiyah dan keguruan Dr H. Kadar, M.Ag membuka secara resmi pelaksanaan bimbingan teknis pengelolaan website dan media sosial di lingkungan fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Suska Riau.

Pelaksanaan bimbingan teknis pengelolaan website dan media sosial pada fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Suska Riau yang pembukaannya dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2021 kemarin mengungkap Banyak fakta baru tentang pemanfaatan teknologi informasi salah satunya sampaikan oleh narasumber Asy’ari Abdullah bahwa dewasa ini telah banyak konten akademik di media sosial Tik Tok.

Dosen pada Fakultas Dakwah dan komunikasi UIN Suska Riau tersebut melanjutkan dalam paparan materinya bahwa fenomena ini tentu sebuah tantangan karena Tik Tok banyak digunakan oleh kalangan remaja, tentu pemanfaatan media tersebut dapat menjadi peluang untuk branding kampus dengan menyediakan konten-konten akademik yang diproduksi oleh tenaga akademik di lingkungan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Selama ini tiktok dipandang sebagai media sosial yang mengandung konten negatif, namun seiring waktu telah banyak konten-konten positif yang juga dimuat di media tiktok, dengan demikian penggunaan tiktok sebagai alat branding kampus tentu dapat memperkaya konten-konten positif yang tersedia Tik Tok.

Narasumber juga menekankan penggunaan Tik Tok tentu bukan satu-satunya alat untuk mengenalkan prodi-prodi serta kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Suska Riau, lebih lanjut narasumber mengatakan bahwa tiktok dapat digunakan sebagai pengantar berita secara umum, Namun isi berita secara detail dapat diselipkan berupa link YouTube, website, dan media sosial lainnya.

meski dilaksanakan secara virtual namun dengan kehadiran pemateri yang kredibel dan asyik membuat suasana Bimtek menjadi Semarak, hal itu terlihat dari sesi diskusi dimana peserta aktif bertanya tentang tata cara pembuatan konten berita.

Kegiatan Bimtek tersebut diikuti oleh perwakilan setiap program studi yang ada di lingkungan fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Suska Riau tersebut mendapatkan antusiasme peserta, kegiatan bimtek ini masih akan berlangsung hingga tanggal 30 Agustus 2021 dengan metode virtual. Bimtek ini juga menghadirkan narasumber pakar di bidang videografi, pemrograman dan pengembang website. (created by: Mhmd Habibi)

About Akademik FTK

Check Also

FTK UIN SUSKA Riau dan Tanoto Foundation Memperpanjang kerja sama untuk menyiapkan calon guru berkualitas di Era IR 4.0

Pekanbaru (29/09/2021) – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SUSKA Riau melanjutkan kerjasama dengan Tanoto Foundation …