PPG PRAJABATAN DI KEMENTERIAN AGAMA

Rapat koordinasi pasca pelaksanaan sertifikasi guru madrasah Angkatan II yang digelar di Surabaya dari tanggal 30 November sampai 2 Desember 2022 menghasilkan beberapa kesepakatan. Rakor yang dihadiri oleh para dekan FTK dan pengelola prodi PPG dari LPTK di lingkungan Kementerian Agama itu di antaranya menyepakati bahwa calon peserta PPG yang akan menjadi guru profesional (diberi sertifikat pendidik) adalah alumni FTK (saja). Pernyataan ini menegaskan (kembali) bahwa guru bukan profesi murahan, yang dapat ‘diselingkuhi’ oleh alumni lainnya. Bukankan alumni FTK tidak dapat menjadi apoteker atau hakim??? Mengapa kita terlalu ‘bermurah hati’ memberi kesempatan kepada non-kependidikan untuk menjadi guru, sementara antrian untuk menjadi guru dari alumni FTK sendiri masih relative Panjang. Jangan-jangan motivasi ‘perselingkuhan’ itu karena tunjangan sertifikasi, bukan panggilan hati nurani.


“Kesepakatan Surabaya ini harus ditindaklanjuti dan disampaikan ke Kementerian Agama, dan sekiranya diperlukan adanya semacam nota kesepakatan yang ditandatangani oleh seluruh peserta yang hadir silahkan”, demikian disampaikan oleh Ibu Dr. Sururin, M.Ag., Dekan FITK UIN Syarif Hidayat Jakarta, sekaligus sebagai ketua Forum Dekan Tarbiyah dan Keguruan (Fordetak) UIN/IAIN se-Indonesia.
Untuk calon guru mapel PAI di sekolah atau PBA, PGMI, dan PIAUD memang tidak begitu bermasalah. Akan tetapi, untuk guru maple di madrasah sedikit persoalan. Sebab, PTKIN tidak mempunyai prodi S1 Akidah Akhlak, Alquran Hadis, Fikih, dan SKI sehingga perlu juga dipertimbangkan alumni dari bidang-bidang tersebut untuk menghasilkan guru yang profesional. Bagaimanapun, sekiranya ini kemudian benar-benar ditetapkan artinya Kemenag mengambil jalan yang berbeda dengan kebijakan yang dutetapkan kementerian sebelah, Kemendikbudristek.
Sebagai tambahan, rencananya program PPG Prajabatan di LPTK Kementerian agama akan dimulai pada semester genap tahun akademik2022/2023 yang akan datang. Wallahu a’lam !!!

About Adminftk

Check Also

FTK melepas kontingen mahasiswa yang akan bertanding di PESONA PTKIN 2022

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SUSKA Riau melepas mahahasiswa sebagai kontingen UIN SUSKA Riau yang …