HIDUPKAN SEMANGAT DI LINGKUNGAN AKADEMIS, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN ADAKAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) KEMITRAAN INTEGRASI SAINS DAN ISLAM

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau (FTK UIN SUSKA RIAU) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Kemitraan Integrasi Sains dan Islam. Acara dibuka secara langsung oleh Dekan FTK UIN Suska Riau Dr. H. Kadar, M.Ag. FGD ini dimulai pada pukul 08.30 WIB di Aula Lantai III FTK UIN Suska Riau. (18/11/2021)

Peserta sesi FGD ini diwakili oleh sejumlah alumni dan Dosen Uin Suska Riau. Diharapkan dari FGD ini dapat menghidupkan kembali semangat yang pernah memudar di lingkungan akademis dalam mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam kealaman. Kegiatan FGD kali ini dipandu oleh Dr. Kuncoro Hadi, S.Si.,M.Sc dengan mengundang tiga narasumber terkemuka yaitu Prof. Dr. h. Muhammad nazir, M.A, Prof. Dr. H. Munzir Hitami, M.A dan Prof. Iwanto, M.Phill, PhD.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan “Bahwa Integrasi Sains dan Islam merupakan cita-cita dan pembeda dalam pengembangan disiplin ilmu yang ingin diciptakan di lingkungan Uin Suska Riau. Dengan tujuan agar para alumni UIN Suska Riau mampu mengitegrasikan pola ilmu keislaman dalam ilmu kealaman”. Selain itu dengan adanya FGD ini diharapkan dapat mewariskan substansi dan nilai serta urgensinya integrasi baik pada tataran pembelajaran serta segenap civitas akademika, pelayanan dan Pendidikan.

Hasil dari FGD ini menunjukkan bahwa arah pergerakan pendidikan UIN Suska Riau selalu ditujukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan baik dari segi ilmu kealaman maupun ilmu sosial Humaniora yang dipandu oleh ilmu-ilmu keislaman. Hal ini menjadi  tantangan bersama bagi setiap pendidik yang ada di lingkungan Uin Suska Riau bagaimana menjadikan ilmu kealaman tersebut berorientasi kepada nilai-nilai islam. Para pendidik tentunya juga dituntut untuk memiliki dasar keislaman yang matang agar mampu menghadapi arus ilmu pengetahuan yang semakin berkembang. Selanjutnya Peserta FGD juga menyampaikan bahwa untuk sampai kepada standar integrasi Sains dan Islam, maka nilai-nilai integral tersebut mesti di implementasikan secara keseluruhan kepada seluruh civitas dan lingkungan akademik guna tercapainya Kampus UIN Suska Riau yang Islami dan Madani.

Penulis : Nurlatipah

About nurlatipah

Check Also

FTK Awali tahun ajaran baru dengan PBAK tingkat fakultas yang edukatif dan inovatif bagi mahasiswa baru 2021

Pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan atau yang sering disebut dengan PBAK merupakan suatu agenda rutinan …