FTK UIN SUSKA Riau dan Tanoto Foundation Memperpanjang kerja sama untuk menyiapkan calon guru berkualitas di Era IR 4.0

Pekanbaru (29/09/2021) – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SUSKA Riau melanjutkan kerjasama dengan Tanoto Foundation untuk peningkatan kualitas calon guru madrasah dan penguatan pedagogik dosen. Kerjasama ini merupakan salah satu cara untuk menyiapkan calon guru yang berkualitas  di era abad 21. Salah satu program yang diusung oleh tanoto melalui diseminasi penerapan melalui pembelajaran MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, Refleksi)

Menurut Provincial Coordinator Tanoto Foundation Riau, Dendi Satria Buana mengungkapkan akan fokus pada tiga pendekatan, yaitu: 1) membangun praktik-praktik baik pembelajaran, manajemen dan kepemimpinan sekolah; 2) mendukung pemerintah menyebarluaskan praktik-praktik baik; dan 3) mendukung Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dalam pendidikan calon guru

Dekan FTK UIN SUSKA Riau mengharapkan model yang dikembangkan oleh tanoto juga bersifat adaptif dengan tema yang diusung UIN SUSKA Riau yaitunya integrasi keislaman. Pihak tanoto foundation merespon sangat baik adanya integrasi muatan keislaman didalam pelaksanaan pembelajaran MIKiR. Nantinya dosen dapat mengimplementasikan pembelajaran MIKiR dengan integrasi keislaman sebagai ciri khas dari LPTK dibawah kementerian agama.

Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran MIKir dalam tiga tahun terakhir memberikan feedback positif dari dosen. Pembelajaran di kelas lebih aktif dengan menggunakan model pembelajaran yang diusung oleh tanoto ini. Dosen FTK mengharapkan tanoto foundation tidak hanya melaksanakan program pendampingan penguatan pedagogis tetapi juga riset. Sehingga dosen dapat menerbitkan hasil penelitian terutama di jurnal terindeks bereputasi.

 

Penulis          : Aldeva Ilhami

Fotografer    : Yudi

About Aldeva Ilhami

Check Also

FTK Awali tahun ajaran baru dengan PBAK tingkat fakultas yang edukatif dan inovatif bagi mahasiswa baru 2021

Pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan atau yang sering disebut dengan PBAK merupakan suatu agenda rutinan …